Thursday, November 25, 2010

Snacking

Suka jajan bin ngemil? Tapi ngeri kalau tak halal? duh..mana susah pula memahami bahasa di sini. Membaca saja sulit, apalagi mengerti?

Ada dua pilihan buat kita yang hobi ngemil. Pertama, bikin sendiri -hahah..bayangin aja malesss...-, atau kedua, berusaha mencari tau mana yang "aman" untuk dimakan.

Di musim dingin begini, banyak pedagang kaki lima yang menjual cemilan-cemilan di pinggir jalan. Baunya menggoda iman. Tapi begitu lihat posternya, langsung deh ilfil..ada si bb lagi nyengir, hiii..tidak..

Yang begitu, lebih baik dihindari. Tapi kalau tak ada keterangan, boleh kok didekati, hanya saja, harus tetap waspada. Waspadalah..waspadalah..

Pertama, segala sesuatu yang berbentuk daging dan turunannya (sosis, dst) jangan dilirik, mau baunya wangi-wangi semriwing..hampir dapat dipastikan itu adalah si bb tadi. Kenapa begitu? Entah kenapa, orang Korea hobi sekali makan daging yang satu itu, mungkin karena harganya yang relatif murah dibandingkan daging sapi.

Eits, tapi kalaupun yang dijual daging sapi atau ayam, jangan deh. Kan kehalalannya diragukan karena tidak disembelih dengan nama Allah dan ini bukan negara yang banyak ahli kitabnya. Jadi kalau mau aman, pilih yang jelas bentuknya saja.

Yang bisa kita makan adalah fish cake. Biasanya oleh penjual disini, fish cake direbus atau dikukus dalam tusukan sate yang panjaang.. Harganya lumayan bersahabat kok. 500won biasanya.

Nah, ada lagi yang jualan semacam roti cubit tapi bentuknya panjang seperti pisang. Yang ini juga insya Allah aman karena terbuat dari tepung terigu, telur dan susu aja. Harganya juga bersahabat, 1000 dapat 3 biji.

Ada juga kue yang bentuknya mirip ikan. dengan isi ketan hitam atau kacang di dalamnya. Ini juga bisa jadi pilihan. Rasanya enak, apalagi kalau dimakan hangat-hangat. Harga? ohh..murah.. 500-an won.

Terus gimana kalau pengennya yang kering-kering? Tenang.. Imuska (Indonesian Moslem Society) punya list jajanan halal yang sudah di-approve oleh KMF. Silahkan cari ID Imuska Efbi, klik di foto dan tadaa...ada kan salah satu album yang isinya produk yang aman dikonsumsi di Korea.

Kalau masih merasa was-was..silahkan cari yang non-meat (hanya ada satu merek mie instant yang non-meat), atau yang original (rasa asli, misalnya kentang rasa original, dst). Jangan ambil yang ada gambar daging atau ayam atau bahkan seafood, karena tanpa kita sadari, di dalamnya ada lemak si bb. Ngga mau kan, kejebak seafood ternyata yang dimakan si bb?

Untuk roti, yang aman adalah roti tawar, hehe..atau yang rasanya tawar (apa bedanya ya?). Pastikan rasanya hanya seputar buah, atau coklat. Kalau mau iseng tanya ke penjual, tanya lah, "Ada babinya ngga?" yang ini, saya belum tau bahasa koreanya, heheee...maaf..

Pengen nyoba permen? jangan pernah ambil yang chewy, karena zat yang dipakai untuk membuatnya kenyal adalah...jeng..jeng.. gelatin itu, si bb. Oh..no..jadi, yang aman, beli yang keras aja ya. Asal tak ambil permen rasa semut aja, hahaha...

Oke lah, segitu dulu edisi snackingnya. Just be careful..but still, enjoy your life!

1 comment:

  1. "salam kenal" ika, ijin add link-nya boleh ya? *salaman*

    ReplyDelete