Thursday, November 18, 2010

Stay Beautiful in Winter

Kata orang, musim dingin itu seru. Bisa lihat salju. Tapi sepertinya mereka harus merasakan dulu, baru bisa mengatakan, seru atau tidaknya musim dingin itu.

Bagi perempuan, musim dingin bisa berarti bencana. Bagaimana tidak, kulit jadi super kering, pecah-pecah, nglungsungi –mengelupas, red-, bersisik, gatal, merah, bibir kering, pecah-pecah, berdarah, sampai mau senyum-pun jadi tersiksa.

Jangan sampai musim dingin tahun ini jadi bencana lagi buat kita. Artikel ini membahas beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan mengenai kesehatan kulit di musim dingin.

Ketika daun pertama jatuh di musim gugur, kita bisa mulai mengukir nama kita di kulit sendiri. Saking keringnya, kulit jadi terasa gatal dan rasanya minta terus digaruk. Ini terjadi karena kelembapan udara luar yang menurun akibat pemakaian heater dalam ruangan. Biasanya siklus gatal-garuk-sakit-pecah ini terjadi di lengan dan tungkai bawah kita.

Baju yang terbuat dari wool ternyata bisa mengurangi kelembapan dan mengiritasi kulit lho, jadi, pilih bahan yang hangat lain supaya kelembapan alami kita yang sudah menurun tidak jadi hilang. Pakai pelembap kulit yang mengandung asam laktat –yang disebut amlaktin- yang tersedia di apotek tanpa perlu resep dokter, atau kalau disini ada Vaseline Intesive Care (tanpa bermaksud mengiklan, hehe..), itulah contoh yang bisa dicari. Jika kita memakai lotion biasa, kita harus mengoleskannya lebih sering, setiap jam, misalnya. (Males banget ya..)

Bibir yang cantik, jangan jadi kering-pecah-berdarah selama musim dingin. Bagian indah dari wajah ini juga perlu dirawat. Pilih lipbalm yang mengandung shea butter (ngga ketemu terjemahannya, jadi tetep dengan bahasa Inggris ya..). Bisa juga dioles madu –dengan syarat madunya asli dan tidak bergula-.

Jangan lupa, matahari tetap ada di tempatnya, walau ini musim dingin. Jadi, jangan lupakan sunblock dengan SPF minimal 15 bagi yang berkulit gelap dan 24 bagi yang lebih terang.

Telapak kaki bisa pecah dengan mudah kalau kita lalai merawatnya. Pakai foot cream setiap hari dan pakai kaos kaki ketika tidur paling tidak 1 kali seminggu.

Ini juga berlaku untuk tangan. Paka hand cream dan sarung tangan ketika tidur sekali seminggu.


Masih ada tips lain untuk menjaga kesehatan kulit, antara lain:

  • Jangan menggunakan toner atau apapun itu yang mengandung alcohol
  • Pakai sabun mandi yang milky, dan lembut, keringkan dengan handuk yang hangat dan bersih.
  • Pakai krim malam yang “bagus”
    Kita mungkin butuh krim mata juga, tapi jangan terlalu banyak memakainya, bisa membuat mata kita jadi sembab.
  • Pakai foundation dengan SPF minimal 15 –seperti yang telah disebutkan diatas-. Atau kalau tidak suka dengan foundation, paka moisturizer saja cukup.
  • Jangan menggunakan bedak padat, pakai bedak tabur saja. Musim dingin membuat kulit kita tampak lebih cerah –atau tepatnya lebih pucat? ;)-
  • Pakai pelembab rambut –kondisioner atau rinse- setiap kali selesai keramas agar rambut tidak “jigrak”
  • Jangan lupa untuk “melepas” kulit yang terlalu kering, tapi mohon jangan terlalu kasar ya. Pelan-pelan saja..

    Ini dulu tips untuk tetap cantik pas musim dingin..
    Nantikan artikel berikutnya..

No comments:

Post a Comment