Tuesday, October 26, 2010

Alien card




Pertama kali mendengar frase ini, alien card, kok rasanya seperti jadi alien beneran ya.. Serius, ternyata namanya alien card. Ih, dasar orang Korea, rasis. Orang asing harusnya diterjemahkan sebagai Foreigner, kek. Ini mah, alien.
Well, anyway..
Alien registration card atau KTPnya orang asing di Korea ini, banyak sekali manfaatnya. Kalau mau buka rekening bank, mau daftar di Bogeonso -puskesmasnya orang Korea-, daftar di RS, urus asuransi, urus Go Mom Card, dan urusan lain, selalu ditanya alien card ini dan tentunya paspor anda.
Jadi, kalau pergi kemana-mana di Korea, bawalah dua benda penting ini. Alien card dan paspor.

Bagaimana cara mengurusnya?
Mudah sekali, tak seperti birokrasi di Indonesia yang sering lemot dan ribet, di Korea, birokrasi itu simpel dan cepat.
Cukup bawa diri, foto ukuran 3x4, paspor, uang -untuk satu macam urusan sekitar 30rb won- dan datang ke kantor imigrasi terdekat.
Disana, bilang ke petugas kalau mau urus Alien card. Jangan lupa berdoa si petugas bisa bahasa Inggris ;). Nanti kita akan diminta untuk mengisi form, tanda tangan, tempel foto.
Serahkan ke petugas beserta paspornya dan sejumlah uang yang diperlukan untuk pembuatan alien card ini.
Si petugas akan memasukkan data, memberi tanda terima, meminta kita untuk kembali dalam seminggu, dan tadaaaa...seminggu kemudian, alien card ini bisa kita dapatkan.
So simple, so easy.
Tips: siapkan foto terbaikmu, supaya nanti di Alien card, kita bisa dengan bangga menyebut diri, itu aku..cantik kan? ;)
Selamat mengurus..

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Haa? Alien? Hahaha.. lucu bin unik ya Korea itu. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  3. Hi! Saya ingin bertanya karena ada application yang inginkan alien registration card saat baru ingin apply ke university di Korea. Adakah card ini bisa dibuat di negara masing-masing atau harus diterima application ke University Korea dahulu baru bisa buat alien registration card ini?

    Mohon bantuan ya. Thanks

    ReplyDelete